Jokowi Tegaskan RI Dukung Kemerdekaan Palestina

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 01 Juni 2024 | 09:18 WIB
Presiden Jokowi pimpin upacara peringatan lahirnya Pancasila (SinPo.id/ Youtube Setpres)
Presiden Jokowi pimpin upacara peringatan lahirnya Pancasila (SinPo.id/ Youtube Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk bangsa Palestina serta memperjuangkan perdamaian dunia.

Hal ini sebagai bagian dari konsistensi Indonesia dengan politik bebas aktif. Jokowi menyampaikan itu pada Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2024, di Dumai, Riau, Sabtu, 1 Juni 2024.

"Saudara-saudara sebangsa dan setengah air, Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina, dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi.

Ia kemudian menyampaikan peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh. Itu tercermin dari kepemimpinan Indonesia di G20 yang berhasil, telah menjadi ketua ASEAN, termasuk melalui World Water Forum yang baru saja diselenggarakan.

"Keaktifan dalam dunia internasional tidak menyurutkan perjuangan kita untuk berdikari dalam bidang ekonomi," ujar Jokowi.

Menurutnya, kita harus bersyukur karena Indonesia tetap kokoh, terus stabil, terus bersatu-padu, terus tumbuh ekonominya di tengah  gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian, di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam geopolitik yang penuh ketegangan dan rivalitas.

"Kita harus selalu optimis karena kita punya Pancasila yang memandu arah bangsa, karena kita punya modal sosial dan modal budaya yang kokoh, karena kita punya sumber daya manusia dan kita punya sumber daya alam yang melimpah," tandasnya.sinpo

Komentar: