Lomba Desain Batik Betawi 2024, Batik Betawi Mampu Bersaing Ikuti Perkembangan Zaman

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 31 Mei 2024 | 05:38 WIB
Batik Betawi (Perpustakaan Jakarta)
Batik Betawi (Perpustakaan Jakarta)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganugerahkan penghargaan kepada
Juara Lomba Desain Batik Betawi 2024 di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, pada Kamis 30 Mei 2024. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan lomba seperti ini dapat memperkaya motif batik Betawi, sehingga mampu bersaing mengikuti perkembangan fesyen dari masa ke masa.

Mencari batik dengan sebuah cerita unik yang benar-benar menggambarkan bagian dari Negara Republik Indonesia itu susah, tidak gampang. Itu bisa keliling Pulau Jawa, bahkan ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia. Misalnya, kita ambil batik dari daerah Sumatra, maka saya pilih yang paling unik dan ceritanya benar-benar menjadi bagian dari negara Indonesia,” kata Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta pada Kamis 30 Mei 2024

Dia mengungkapkan betapa sulit mencari batik yang menggambarkan kekhasan dari daerah-daerah untuk diberikan sebagai hadiah bagi tamu kenegaraan. Bahkan, harus mencari sampai ke pelosok daerah di Indonesia. Maka lomba seperti ini diharapkan dapat melahirkan motif-motif baru yang merepresentasikan keunikan budaya Jakarta.

Kemudian, Pj Gubernur Heru juga berharap agar lomba desain batik Betawi dapat diadakan secara rutin, dengan lebih banyak melibatkan generasi muda dari kalangan pelajar, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ia menilai kegiatan lomba desain ini memberikan manfaat yang banyak, baik terhadap perkembangan melestarikan budaya Betawi maupun memberikan kegiatan positif bagi generasi muda.

"Mudah-mudahan ini bisa diteruskan. Harapan saya semoga ini bisa dilakukan setiap tahun dan bisa kita beli juga. Jadi sekalian melestarikan Batik Betawi, daripada melamun main game, ini bisa menjadi kesibukan anak-anak didik kita," lanjutnya.

Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK DKI Jakarta yang telah menggagas Lomba Desain Batik Betawi. Lomba desain batik Betawi merupakan sebuah wadah untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam desain membatik, sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya Betawi kepada generasi muda dan masyarakat luas.

“Melalui lomba desain Batik Betawi kita melihat semangat dan dedikasi para peserta dalam menciptakan berbagai desain yang original, estetis, dan sarat makna. Saya berharap lomba ini dapat memunculkan bakat-bakat baru dalam dunia desain batik Betawi dan meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya tradisional Indonesia,” kata Mirdiyanti.

Lomba Desain Batik Betawi digelar mulai tanggal 22 Maret 2024 hingga 30 Mei 2024, diikuti 150 peserta asal Jakarta. Dari jumlah tersebut, dipilih 15 finalis yang karyanya dipamerkan di Balai Kota dan memperebutkan gelar juara.

Berikut daftar pemenang Lomba Desain Batik Betawi 2024:

- Juara I – Pucuk Rebung (Natalia Kartika-Jakarta Pusat)

- Juara II – Bunga Serumpun (Muhammad Alvin Fitratama-Jakarta Selatan)

- Juara III – Daun Sirih Tanjidor (Apriwindi-Jakarta Pusat)

- Juara Harapan I – Harmoni Biru Budaya Betawi (Absyir Abdul Wahhab-Jakarta Selatan)

- Juara Harapan II - Batik Betawi Kembang Goyang (Mediva Dyah Fajriani-Jakarta Selatan)

- Juara Harapan III – Batik Betawi Cihuy (Djoko Prianto-Jakarta Timur).sinpo

Komentar: