DPR Beri Dukungan Anggaran untuk Menunjang Logistik Agar Menjangkau Daerah Terluar

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 30 Mei 2024 | 11:09 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras. (SinPo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, mengatakan pihaknya akan terus memberikan dukungan anggaran untuk menunjang logistik untuk dapat lebih menjangkau wilayah-wilayah terluar Indonesia.

Dukungan anggaran tersebut diberikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk infrastruktur agar dapat mendukung logistik transportasi laut.

Pasalnya, sejak 2015, pemerintah telah mengenalkan program tol laut yang nanti digunakan untuk pendistribusian barang supaya lebih merata ke daerah-daerah terpencil. Sehingga perlahan harga bahan pokok bisa diseragamkan.

"Selama empat tahun terakhir, Komisi V bersama Kemenhub telah menyepakati sejumlah anggaran termasuk angkutan logistik dengan total anggaran kurang lebih Rp130,3 triliun. Dari tahun 2021 ke tahun 2024, total APBN yang kita alokasikan untuk Ditjen Perhubungan Laut kurang lebih hampir Rp38 triliun,” katanya, dikutip Kamis 30 Mei 2024.

Tak hanya itu, Komisi V DPR kini juga tengah mendorong Ditjen Perhubungan laut untuk membangun pelabuhan-pelabuhan di pulau-pulau ataupun di kota-kota tertentu. Apalagi, mengingat saat ini jalur darat sedang diperhadapkan dengan masalah Over Dimension Over Load. 

“Kalau dengan pola logistik melalui sistem darat, tentu akan banyak menggunakan jalan-jalan nasional ataupun jalan-jalan daerah yang mana dalam 4 tahun terakhir APBN alokasi khusus untuk jalan nasional kurang lebih hampir 200 Triliun, Rp198 triliun," paparnya.

"Ini kemudian kenapa Komisi V disamping agar supaya upaya logistik ini bisa lebih menjangkau melalui laut,  kita tidak lagi mengharapkan bahwa darat ini tidak lagi menjadi prioritas utama,” lanjut Andi Iwan.sinpo

Komentar: