PEMISAHAN KEMENTERIAN

Bamsoet Dukung Pemisahan Kementerian Perumahan Rakyat dan Pekerjaan Umum

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 29 Mei 2024 | 16:43 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh adanya pemisahan Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pekerjaan Umum di era kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Saya mendukung pengesahan Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pekerjaan Umum, karena itu kebutuhan penting yang membutuhkan konsentrasi," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 29 Mei 2024.

"Tidak seperti hari ini yang leading adalah pekerjaan umumnya, pembangunan jalan segala macam infrastruktur, tapi pembangunan perumahan rakyatnya akan sedikit terabaikan," lanjutnya.

Ia berharap, ke depannya pembangunan dapat lebih fokus untuk pengadaan perumahan rakyat. Pasalnya, rumah atau tempat tinggal adalah kebutuhan fundamental rakyat yang dijamin dan dilindungi oleh konstitusi.

"Sebagai kebutuhan fundamental, tempat tinggal telah menjadi hal yang harus terpenuhi bahkan sudah sepatutnya menjadi hak milik," tegasnya.

Karena faktanya, hanya sekitar 15,51 persen rumah tangga di Indonesia yang belum memiliki rumah. Artinya, baru 70 persen lebih yang memiliki rumah dengan hak milik. Sementara sekitar 36,8 persen dari penduduk Indonesia tinggal di rumah yang tidak layak huni.

"Makanya saya setuju kalau ke depan memang ada rencana presiden terpilih hari ini Pak Prabowo memisahkan Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pekerjaan Umum," katanya menambahkan.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI