Wapres Sebut Transportasi Cerdas Jadi Kunci Menuju Indonesia Emas 2045

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 29 Mei 2024 | 02:21 WIB
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin (SinPo.id/Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan sistem transportasi yang cerdas menjadi kunci menuju Indonesia Emas 2045. Pemerintah tengah memadukan sistem tranportasi cerdas dan kota pintar dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Pemerintah turut serta dalam penerapan sistem transportasi cerdas ke dalam infrastruktur modern di Indonesia guna menguatkan ekonomi dan meningkatkan daya saing dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan melalui pemenuhan target nol emisi karbon sebagai upaya mencapai visi Indonesia Emas 2045," ujar Ma'ruf saat membuka The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia-Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Selasa, 28 Mei 2024.

"Saya berharap forum ini dapat menghasilkan rekomendasi konkret bagi seluruh negara anggota ITS Asia Pasifik dan berdampak positif bagi kemajuan dunia," ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal ITS Asia Pasifik Akio Yamamoto menyampaikan keberlanjutan menjadi kunci membangun sistem tranportasi cerdas. Dengan pola pikir ini akan membimbing seluruh pihak dalam mengatasi tantangan transportasi saat ini dan masa depan.

"Kita tidak hanya membayangkan kota masa depan dengan kemajuan dalam pengemudian otomatis, AI, dan 5G tetapi juga mencari solusi untuk masalah sosial saat ini seperti kecelakaan lalu lintas, kemacetan, dan langkah-langkah penanggulangan bencana," ujarnya.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI