Menko Polhukam Intruksikan Baintelkam Polri Buat Rencana Tajam di Pilkada 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 28 Mei 2024 | 23:54 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto. (SinPo.id/BPMI Setpres)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto. (SinPo.id/BPMI Setpres)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menginstruksikan Baintelkam Polri agar membuat perencanaan yang tajam untuk mengantisipasi segala bentuk ancaman dan gangguan selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Perkiraan intelijen kemudian eskalasi-nya sedang sampai tinggi sehingga mulai dari tahapan perencanaan sampai pelaksanaan harus benar-benar fokus dan membuat suatu perencanaan intelijen yang tajam," kata Hadi dalam keterangannya, Selasa, 28 Mei 2024.

Hadi menuturkan, Pilkada tahun ini untuk pertama kalinya berlangsung serentak di 37 provinsi, 93 kota, dan 415 kabupaten di seluruh Indonesia.

"Di seluruh wilayah itu, aparat keamanan jelas dibagi rata sehingga apabila perkiraan intelijen-nya tajam, apabila ada masalah itu bisa langsung tepat menyelesaikannya," tuturnya. 

Kendati demikian, Hadi enggan membeberkan potensi ancaman atau gangguan yang diwaspadai selama Pilkada 2024. 

"Pengamanan Pilkada tentu harus lebih ketat daripada biasanya," ujar Hadi. 

Seperti diketahui, Pilkada 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024. Pilkada dilaksanakan di wilayah provinsi dan atau kabupaten/kota untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI