PILKADA SERENTAK 2024

Bawaslu Minta Panwascam Jaga Integritas di Pilkada Serentak 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 28 Mei 2024 | 11:54 WIB
Konferensi pers Bawaslu (SinPo.id/ Dok. Bawaslu)
Konferensi pers Bawaslu (SinPo.id/ Dok. Bawaslu)

SinPo.id - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn J.H Malonda meminta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) menjaga integritas dan meningkatkan kualitas pengawasan dengan cara memahami serta mengimplementasikan regulasi dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

"Panwascam yang telah dilantik untuk bertekad menjaga integritas, memperkuat komitmen menjaga amanah mengawal demokrasi serta segera memahami pengetahuan tentang regulasi Pilkada.sebagai upaya utama dalam meningkatkan kualitas pengawasan pemilu,” kata Herwyn dalam keterangannya dikutip Selasa, 28 Mei 2024.

Herwyn pun menuturkan, berdasarkan pengalaman Pemilu 2024, ada beberapa pengawas pemilu di daerah yang kurang paham terkait undang-undang yang berlaku.

"Berkaca dari pemilu kemarin, ada beberapa pengawas yang masih kurang paham terkait regulasi pemilihan terutama tata cara dan mekanisme pengawasan yang berpengaruh pada kerja- kerja pengawasan, sehingga diharapkan dalam Pilkada serentak 2024, hal seperti ini terulang lagi," ungkap dia. 

Lebih jauh, dia kembali mengingatkan ke Panwascam yang baru dilantik untuk menjaga integritas serta soliditas antar anggota dan sekretariat demi terciptanya pemilihan jujur dan adil.

“Saya mengingatkan agar sesama pengawas untuk selalu solid serta menjaga marwah atau integritas lembaga ini demi terwujudnya pemilihan yang jurdil,” tutur Herwyn. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI