TINDAK PIDANA PEMERASAN

Pemerasan Bermodus COD Hp, Tiga Pemuda di Tangerang Ditangkap

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 28 Mei 2024 | 08:17 WIB
Polisi menangkap tiga pelaku pemerasan di Cipondoh (SinPo.id/ Humas PMJ)
Polisi menangkap tiga pelaku pemerasan di Cipondoh (SinPo.id/ Humas PMJ)

SinPo.id - Polisi mengamankan tiga pria berinisial  ABD (19), RMD (22) dan GP (22) lantaran melakukan pencurian yang disertai dengan pemerasan dan pengancaman modus Cash On Delivery (COD). Terakhir mereka beraksi di Pasar Royal, Kelurahan Poris Plawad,  Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Rabu, 15 Mei 2024 sekira pukul 23.30 WIB.

Kapolsek Cipondoh, Kompol Evarmon Lubis mengatakan, akibat perbuatan pelaku, korban mengalami kerugian hingga Rp20 juta. Diketahui para pelaku telah beraksi sebanyak tujuh kali dengan modus serupa.

"Berawal antara korban dan pelaku ini saling mengenal melalui media sosial, janjian untuk bertemu dan bertransaksi jual beli handphone," kata Evarmon dalam keterangannya, Selasa, 28 Mei 2024.

Saat bertemu, kata Evarmon, para pelaku langsung merampas ponsel jenis iPhone 13 milik korban bernama Tegar Ramadan (21) di lokasi tersebut.

"Pelaku lalu mengancam dan memaksa korban untuk memberikan akses nomer pengaman M-banking di handphone korban," katanya.

Setelah mendapatkan akses pengaman M-banking korban, pelaku kemudian menguras saldo rekening korban dengan mentransfer ke rekeningnya. Kemudian pelaku melakukan penarikan tunai.

"Kami melakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi dan berhasil mengamankan pelaku ABD yang merupakan pedagang ayam fillet di Pasar Royal itu. Lalu dua pelaku lainnya RMD dan GP ditangkap setelah diminta untuk datang ke lokasi dagang pelaku ABD," paparnya.

Setelah dilakukan interogasi, para pelaku mengakui telah melakukan aksi pencurian disertai dengan pengancaman dan pemerasan sebanyak tujuh kali dengan modus yang serupa dan di lokasi TKP yang sama. 

"Bila ada yang mengalami kejadian yang sama dapat melakukan laporan ke Polsek Cipondoh, Polres Metro Tangerang Kota," ucap dia.sinpo

Komentar: