DPRD Jakarta Minta Disdik Siapkan Call Center dan Website Peta Zonasi Sebelum PPDB Dimulai

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 27 Mei 2024 | 22:14 WIB
Belajar mengajar di salah satu sekolah di Jakarta (SinPo.id/ DPRD Jakarta)
Belajar mengajar di salah satu sekolah di Jakarta (SinPo.id/ DPRD Jakarta)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Eva Farhi Qolbina meminta Dinas Pendidikan mengaktifkan seluruh saluran komunikasi sebelum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP dan SMA dimulai awal bulan depan.

Elva menemukan beberapa call centre atau telepon Posko PPDB belum bisa dihubungi. Padahal sudah banyak orangtua murid yang butuh informasi tentang PPDB.

“Tadi saya coba-coba nih layanan informasi PPDB, saya coba yang di Jakarta Pusat di SMKN 1 Jakarta Pusat 1 itu ada telepon dan whatsapp tapi nomornya enggak bisa dihubungi. Kalau yang di wilayah Jakarta Pusat 2 ini nyambung tapi enggak ada yang angkat,” ujar Elva di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

Tak hanya call centre, namun website peta zonasi juga dinilai belum optimal. Sebab informasi mengenai zonasi belum tersedia. Menurut dia, hal itu membuktikan bahwa masih ada kendala teknis pada masa Pra PPDB 2024.

“Jadi harapannya ini sebelum dibuka itu PPDB 2024, websitenya bisa dibuka oleh masyarakat supaya masyarakat juga tahu. Informasi-informasi teknis itu kalau bisa ditampilkan di website, itu memudahkan kita semua, orang tua juga paling tidak punya informasi awal,” ungkap Elva.

Dia menambahkan, secara konsep PPDB 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta sudah baik. Hanya saja, masih banyak teknis yang harus dibenahi agar memudahkan masyarakat mendapatkan informasi.

“Secara konseptual, semangatnya sudah oke. Hanya saja kadang-kadang saya lihat justru kendalanya ada pada teknisnya. Sebelum rapat ini saya buka website peta zonasi itu juga belum bisa diakses,” tutur Elva.

Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Purwosusilo mengakui adanya kendala teknis itu dan berjanji akan memperbaikinya. Pihaknya akan mengevaluasi kinerja para kepala suku dinas di semua wilayah terkait proses PPDB agar tak terjadi masalah di waktu pelaksanaan.

“Terkait call centre ya, mohon maaf hasil uji petik hari ini ternyata tidak aktif, tidak memuaskan, jelek. Karena itu saya minta Kepala Suku Dinas (Kasudin) khususnya wilayah Jakarta Pusat ini harus jadi perhatian. Saya akan evaluasi kinerja bapak-bapak Kasudin terkait PPDB ini,” tandas Purwosusilo.sinpo

Komentar: