Legislator PAN Optimistis IKN Jadi Ajang Pamer Indonesia ke Dunia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 27 Mei 2024 | 19:13 WIB
Istana Kepresidenana di IKN (SinPo.id/ Garda)
Istana Kepresidenana di IKN (SinPo.id/ Garda)

SinPo.id - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menyebut keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Pulau Kalimantan akan menjadi showcase atau ajang pamer Indonesia kepada dunia. IKN diimpikan berdiri sebagai kota pengguna energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

"Kalau IKN memang salah satu showcase kita, karena sepenuhnya akan menggunakan energi terbarukan. Bahkan di sana pun kendaraan yang akan digunakan adalah kendaraan listrik," kata Eddy saat menerima audiensi Mahasiswa Universitas Jenderal Ahmad Yani di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 27 Mei 2024.

Eddy mengatakan IKN akan menjadi zona yang nol alias bebas emisi. Dia optimistis bangsa Indonesia akan sangat bangga jika suatu IKN sudah beroperasi secara penuh.

Tak ketinggalan, kata dia, IKN bisa dijadikan contoh bagi negara-negara dunia untuk mengembangkan green city, green capital, sebagai mana halnya IKN nanti.

Dalam kesempatan itu, Legislator fraksi PAN ini menjelaskan bahwa saat ini secara keseluruhan bauran energi terbarukan di Indonesia masih sekitar 13 persen. Ini tentu harus dikejar atau ditingkatkan secara serius.

"Kita tentu harus secara serius mengejar ketertinggalan tersebut. Di mana kita harus segera mengembangkan sektor energi terbarukan kita. Saat ini kita melihat masih berupa geotermal, solar, bayu, dan energi baru seperti hidrogen dan amonia," kata dia.

Dia mengakui untuk meningkatkan bauran energi terbarukan tersebut butuh pendanaan yang cukup besar. Oleh karenanya, Indonesia harus juga proaktif untuk menjangkau pihak-pihak yang memang bisa menyediakan pendanaan untuk itu. Termasuk, bisa mendapatkan teknologi yang terbaik untuk mengembangkan sektor tersebut. 

BERITALAINNYA
BERITATERKINI