Ratusan Orang Tewas Akibat Tanah Longsor di Papua Nugini

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 Mei 2024 | 11:46 WIB
IOM mengatakan, lebih dari 670 orang tewas akibat tanah longsor di Papua Nugini. (SinPo.id/CNN)
IOM mengatakan, lebih dari 670 orang tewas akibat tanah longsor di Papua Nugini. (SinPo.id/CNN)

SinPo.id - Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan, lebih dari 670 orang tewas akibat tanah longsor di Papua Nugini. Namun kemungkinan jumlah tersebut akan meningkat mengingat masih banyaknya orang yang dinyatakan hilang.

Kepala misi badan migrasi PBB di negara kepulauan Pasifik Selatan, Serhan Aktoprak mengatakan, revisi jumlah korban tewas didasarkan pada perhitungan pejabat desa Yambali bahwa lebih dari 150 rumah telah terkubur akibat tanah longsor pada hari Jumat.

“Mereka memperkirakan lebih dari 670 orang berada di bawah tanah saat ini,” kata Aktoprak, dilansir dari The Associated Press, Senin 27 Mei 2024.

Pejabat lokal awalnya menyebutkan jumlah korban tewas pada hari Jumat sebanyak 100 orang. Sebagian di antaranya ditemukan dalam kondisi yang tidak utuh. Sementara petugas tanggap darurat masih terus berupaya mencari korban yang hilang.

Tim penyelamat memindahkan para korban ke tempat yang lebih aman pada hari Minggu karena  kondisi tanah yang tidak stabil, ditambah adanya peperangan antar suku, yang banyak terjadi di Dataran Tinggi Papua Nugini. Kedua hal tersebut menjadi ancaman di tengah upaya penyelamatan.sinpo

Komentar: