Tiongkok Uji Coba Luncurkan Serangan Rudal Tiruan ke Taiwan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 26 Mei 2024 | 12:13 WIB
Kapal perang Tiongkok yang berpatroli di perairan dekat Taiwan. (SinPo.id/Reuters)
Kapal perang Tiongkok yang berpatroli di perairan dekat Taiwan. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Tiongkok melakukan uji coba dengan meluncurkan serangan rudal tiruan ke Taiwan selama dua hari, untuk menghukum presiden baru Taiwan, Lai Ching-te, yang sebelumnya dikecam Tiongkok sebagai separatis berbahaya.

Menurut stasiun TV Tiongkok, jet tempur yang membawa rudal aktif bersama dengan pesawat pembom dikirim ke Taiwan.

Para pembom menyiapkan beberapa formasi serangan di perairan timur Taiwan, yang diakui Tiongkok sebagai wilayahnya sendiri. Serangan tiruan dilakukan dengan koordinasi menggunakan kapal angkatan laut.

Uji coba tersebut dilakukan setelah Presiden Lai memancing kemarahan Beijing atas komentar-komentar pro-kemerdekaan yang dibuat pada awal karirnya.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mengatakan, latihan yang dijuluki "Pedang Bersama - 2024A" tersebut, bertujuan untuk menguji kemampuan untuk merebut kekuasaan, melancarkan serangan bersama dan menduduki wilayah-wilayah penting.

“Tindakan ini sepenuhnya masuk akal, sah, dan diperlukan untuk melawan arogansi ‘kemerdekaan Taiwan’ dan mencegah campur tangan dan intervensi kekuatan eksternal,” kata Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok. Dilansir dari Sky News, Minggu 26 Mei 2024.

Sementara angkatan bersenjata Taiwan telah melakukan mobilisasi untuk memantau pasukan Tiongkok, menerbitkan gambar F-16 yang dipersenjatai dengan rudal aktif, berpatroli di langit.sinpo

Komentar: