WORLD WATER FORUM

Keberhasilan Amankan WWF Tak Terlepas dari Kesigapan Kapolri

Laporan: Firdausi
Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:10 WIB
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (SinPo.id/Dok.Humas Polri)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko (SinPo.id/Dok.Humas Polri)

SinPo.id - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, faktor keberhasilan anggota dalam mengamankan penyelenggaraan KTT WWF di Bali. 

Menurutnya, ini tak terlepas dari kesigapan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam membentuk konsep perencanaan keamanan yang mateng. 

"Tak terlepas dari Bapak Kapolri, yang selalu menginstruksikan ke Kaops Puri Agung dengan konsep perencanaan dengan matang termasuk bagaimana manajemen risiko dalam operasional kepolisian dan bagaimana mengantisipasinya," kata Trunoyudo kepada wartawan, Sabtu, 25 Mei 2024. 

Kemudian, kata Trunoyudo, konsep operasi pengamanan yang dilakukan Polri adalah operasional terpadu sinergi antara Paspampres, TNI, dan Stakeholder Kementerian Lembaga, sehingga konsep ini mungkin diyakini suksesnya keamanan KTT WWF di Bali. 

"Konsep Polri operasional terpadu ini bisa menggerakan seluruh pola pengamanan baik itu secara internal dengan satgas yang ada di Operasi Puri Agung serta pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya. 

Tak hanya itu, lanjutnya, keberhasilan KTT WWF ini juga tidak terlepas dari  keramahan dari masyarakat Bali yang memberikan suatu pengertian dan menjadi kultur ramah tamah sehingga delegasi juga merasa nyaman. 

“Selain sinergi dan kolaboratif juga tidak luput dari tokoh-tokoh di Bali sehingga situasi menjadi nyaman dan lancar,” tuturnya.sinpo

Komentar: