PENDAKI EVEREST

Dua Pendaki Everest Tewas, Tiga Lainnya Dilaporkan Hilang

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:21 WIB
Gunung Everest (SinPo.id/ Pixabay)
Gunung Everest (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Dua pendaki meninggal dunia di Gunung Everest, Kamis 23 Mei 2024. Sementara tiga pendaki lainnya dinyatakan masih hilang.

Pendaki asal Kenya Joshua Cheruiyot Kirui (40) dan pemandunya yang berasal dari Nepal Nawang Sherpa (44) kehilangan kontak pada Rabu, 22 Mei 2024. Hingga kini tim pencari masih dikerahkan untuk menemukan tiga pendaki yang hilang.

"Tim telah menemukan pendaki Kenya tewas di antara puncak dan Hillary Step, namun pemandunya masih hilang," ujar kepala kantor lapangan departemen pariwisata Khim Lal Gautam, seperti dilansir AFP.

Sementara, pendaki Nepal lainnya, Binod Babu Bastakoti (37) diketahui juga meninggal pada ketinggian sekitar 8.200 meter.

Tim juga masih mencari pendaki asal Inggris berusia 40 tahun dan pemandunya asal Nepal yang hilang pada Selasa, 21 Mei 2024. Mereka hilang setelah tumpukan salju runtuh saat mereka turun dari puncak Everest.

Seorang pendaki Rumania juga meninggal dunia di tendanya pada hari Senin, 20 Mei 2024. Ia meninggal saat berupaya mendaki Gunung Lhotse, gunung tertinggi keempat di dunia.

Everest dan Lhotse berbagi rute yang sama hingga menyimpang sekitar 7.200 meter. Dua pendaki Mongolia hilang bulan ini setelah mencapai puncak Everest dan kemudian ditemukan tewas.

Sementara dua pendaki lagi, satu asal Prancis dan satu lainnya berasal dari Nepal juga tewas musim ini di Makalu, puncak tertinggi kelima di dunia.sinpo

Komentar: