Polisi Imbau Masyarakat Jakarta Pasang CCTV untuk Cegah Kejahatan Jalanan

Laporan: Firdausi
Jumat, 24 Mei 2024 | 14:15 WIB
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra (SinPo.id/Dok. Humas Polda Metro Jaya)
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra (SinPo.id/Dok. Humas Polda Metro Jaya)

SinPo.id - Polda Metro Jaya mengimbau agar masyarakat proaktif dalam mempersempit ruang gerak para pelaku tindak kejahatan jalanan dengan cara memasang CCTV di setiap rumah masing-masing. Hal ini sebagai langkah untuk mecegah ruang gerak para pekaku kejahatan. 

"Dalam rangka meningkatkan pengamanan swakarsa, kami berharap masyarakat bisa memberikan peran dengan melakukan pemasangan CCTV," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra kepada wartawan, Jumat, 24 Mei 2024. 

Wira mengklaim, dengan masyarakat memasang CCTV hal itu diyakini bisa membantu kerja kepolisian dalam mengungkap kejahatan. Salah satunya kejahatan begal. 

"Dengan adanya CCTV ini bisa mempersempit (membantu) ruang gerak dari pada pelaku kejahatan termasuk kejahatan begal itu sendiri," ujarnya. 

Kendati begitu, Wira meminta masyarakat tidak khawatir karena pihak kepolisian tetap akan hadir dalam melakukan pengamanan. 

"Komitmen kita untuk menciptakan wilayah Jakarta dan sekitarnya yang aman dan kondusif," tuturnya lagi. 

Diketahui, Polda Metro Jaya membentuk tim khusus (timsus) antibegal. Tim ini dibentuk pasca maraknya aksi kejahatan begal Jakarta dan sekitarnya.  

Selain itu, tim ini juga dibentuk menyusul kejadian begal calon siswa (casis) bintara Polri bernama Satrio Mukti Raharjo (18) yang dibacok hingga jarinya putus. sinpo

Komentar: