RI-Swedia Pererat Hubungan Bilateral Melalui Kerja Sama di Sektor Perikanan

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 24 Mei 2024 | 13:27 WIB
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang diwakili Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Swedia (SinPo.id/Istimewa)
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang diwakili Komisi IV melakukan kunjungan kerja ke Swedia (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Ketua Tim Komisi IV DPR RI dalam kunjungan lerja ke Stockholm, Budhy Setiawan, mengatakan Indonesia dan Swedia dapat mempererat hubungan bilateral melalui kerja sama di bidang perikanan.

"Kunjungan kali ini merupakan jembatan awal yang dapat meningkatkan kerjasama kedua negara bagi pengelolaan pertanian, perikanan dan kehutanan serta lingkungan hidup yang lebih baik lagi di masa yang akan datang," kata Budhy, dalam keterangan persnya, Jumat 24 Mei 2024.

Menurutnya, Swedia merupakan pasar yang sangat penting karena dapat berpeluang besar bagi Indonesia untuk dapat masuk ke dalam perdagangan pasar ikan di negara Eropa lainnya.

Terlebih Indonesia juga dapat mempelajari sistem efisiensi peternakan yang dilakukan oleh Peternak Negara Swedia. Sehingga, bisa menghasilkan produksi susu 70 liter setiap ekornya dan dapat menekan impor susu yang hingga saat ini masih dilakukan oleh Indonesia. 

"Indonesia dapat memanfaatkan dan mempelajari kebijakan tersebut guna mensuplai palm oil, kopi, komoditas perikanan dan perkebunan lainnya untuk masuk ke negara Uni Eropa lainnya," ungkapnya

.Oleh karena itu, ia berharap pada kunjungan balasan Parlemen Swedia di bidang Pertanian dan Kehutanan nanti, Indonesia bisa memanfaatkan kunjungan mereka untuk meningkatkan kerja sama perdagangan di bidang pertanian, perikanan dan lingkungan hidup. sinpo

Komentar: