Rusia Hancurkan 35 Roket Ukraina

Oleh: VOA INDONESIA
Jumat, 24 Mei 2024 | 06:31 WIB
Roket (pixabay)
Roket (pixabay)

SinPo.id -  Para pejabat di wilayah Belgorod, Rusia barat, melaporkan kerusakan akibat serangan udara Ukraina, Kamis 23 Mei 2024

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menghancurkan 35 roket Ukraina dan tiga drone udara di Belgorod.

Vyacheslav Gladkov, gubernur regional, mengatakan melalui Telegram bahwa serangan Ukraina merusak sebuah bangunan dan memicu kebakaran di kota Belgorod. Gladkov juga melaporkan kerusakan pada beberapa rumah di dua desa di wilayah tersebut.

Belgorod terletak di sepanjang perbatasan Rusia-Ukraina dan sering menjadi sasaran serangan Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memuji Swedia atas paket bantuan tiga tahun yang berjumlah lebih dari $7 miliar.

“Ini tidak hanya akan memperkuat kami, tidak hanya untuk Ukraina, tetapi untuk seluruh perimeter Eropa dari Baltik hingga Laut Hitam,” kata Zelenskyy dalam pidato malamnya pada hari Rabu.

Pemimpin Ukraina itu juga mengajukan permohonan baru untuk lebih banyak pertahanan udara. Zelensky mengatakan Ukraina membutuhkan senjata untuk melawan bom berpemandu yang digunakan oleh Rusia untuk menyerang pangkalan energi dan infrastruktur lainnya.

“Tidak ada alternatif lain – Ukraina memerlukan sistem dan taktik yang memungkinkan kami mempertahankan posisi, kota, dan komunitas kami dari bom-bom ini,” kata Zelenskyy.

Dia mengatakan bahwa pada bulan April saja, Rusia menggunakan lebih dari 3.200 bom semacam itu ke Ukraina selain rudal dan drone. [lt/ab]sinpo

Komentar: