MenPANRB Apresiasi Langkah Digitalisasi Kementerian ATR/BPN di Bali
SinPo.id - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan Layanan Elektronik Pertanahan berupa Mobil Layanan Elektronik yang akan beroperasi se-Provinsi Bali, di Wisma Sabha Kantor Gubernur Bali pada Selasa, 21 Mei 2024.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas pun mengapresiasi Kementerian ATR/BPN lantaran melakukan transformasi digital yang diharapkan dapat mempermudah serta mempercepat pemberian pelayanan kepada masyarakat dan utamanya dalam aspek reformasi birokrasi berdampak.
Azwar Anas menyebut upaya yang dilakukan oleh Menteri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Kementerian ATR/BPN dalam sertifikasi elektronik dan penyediaan layanan pertanahan elektronik ini ibarat melakukan disrupsi pekerjaan.
Dia berharap, disrupsi ini menjadi lompatan besar untuk meningkatkan pelayanan pemerintah utamanya di bidang pertanahan.
"Disrupsi digital ini, ibaratnya Bapak telah mendisrupsi proses-proses bisnis di ATR/BPN, yang semula pekerjaannya non digital, menjadi digital. ATR/BPN memiliki peran penting dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 2025-2045, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Azwar Anas, Kamis, 23 Mei 2024.
Sementara itu, Menteri ATR/BPN, AHY mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Azwar Anas tersebut.
"Bicara soal reformasi birokrasi tentu tak lepas dari dari semangat melakukan transformasi digital. Karena, semakin maju sebuah negara, semakin modern masyarakatnya. Maka itu, kita harus mempersiapkan melalui layanan digital yang memudahkan, namun tetap memiliki keamanan dan kebijakan privasi yang mumpuni," ujar AHY.
Terkait program dan layanan yang baru saja diluncurkan, kata AHY, ini hasil kerja sama Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Bali, Kantor Pertanahan (Kantah) se-Provinsi Bali, dan Pemerintah Provinsi Bali.
"Saya juga merasa senang karena ini bisa ditinjau langsung oleh Pak Menteri PANRB karena beliau sendiri yang akan melakukan penilaian, masukan, sehingga sistem kerja kami semakin baik," tuturnya.
Dia menegaskan, ATR/BPN berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik serta terbuka dengan kritik dan saran yang membangun terkait pertanahan dan tata ruang.
"Kami memiliki semangat dan komitmen ini, insyaallah dengan pelayanan yang semakin baik, dapat menghadirkan keadilan, kesejahteraan, dan kemakmuran bersama," ungkap AHY.