IBADAH HAJI 2024

Bos Garuda Janji Segera Perbaiki Layanan Penerbangan Haji

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 23 Mei 2024 | 15:35 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (SinPo.id/dok Garuda)
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (SinPo.id/dok Garuda)

SinPo.id - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra, menerima kritikan Kementerian Agama (Kemenag) mengenai masalah keterlambatan penerbangan jemaah haji 2024 sejak 12 Mei lalu. Karena, selama pelaksanaan angkutan haji 2024 terjadi sejumlah faktor yang menyebabkan keterlambatan penerbangan.

"Soal perfomance ini, sangat memahami, dan kita menyampaikan permintaan maaf dan upaya kita untuk melakukan perbaikan-perbaikan dan kita sampaikan ke Kemenag penyebabnya," kata Irfan, ditulis Kamis, 23 Mei 2024.

Salah satu insiden yaitu, mesin pesawat Garuda Indonesia bermasalah sehingga mengeluarkan api di Makassar. Dari catatan Kemenag, tingkat keterlambatan keberangkatan pesawat haji mencapai 47,5 persen.

Dari 80 penerbangan, 38 di antaranya mengalami keterlambatan dan jika ditotal keterlambatannya mencapai 32 jam 24 menit.

Irfan memastikan, ke depan, pihaknya akan terus memperbaiki pelayanan penerbangan jemaah haji agar lebih maksimal lagi. Salah satunya dengan mengalihkan dua pesawat reguler untuk angkutan haji guna mengganti pesawat yang bermasalah.

"Kita mengalokasikan dua pesawat berbadan besar untuk memastikan bahwa seluruh jemaah yang berjadwal terbang ke tanah suci terbawa," tuturnya.

Di sisi lain, Irfan bersyukur, tidak mendapat laporan untuk keluhan pelayanan lainnya. Justru Garuda Indonesia dipuji penumpang karena memberikan layanan baik.

"Saya tidak pernah mendengar keluhan soal layanan lain. Yang sampai ke saya justru malah pujian karena layanan Garuda untuk khususnya para lansia," tukasnya.sinpo

Komentar: