Bisa Hasilkan Rp304 T, Luhut Rekomendasikan Hilirisasi Rumput Laut ke Prabowo

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 23 Mei 2024 | 12:31 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (SinPo.id/Dok. Kemenko Marves)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (SinPo.id/Dok. Kemenko Marves)

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku berencana memasukkan hilirisasi rumput laut ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), dan merekomendasikan terobosan itu kepada presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Pak Jokowi sudah perintahkan saya waktu itu, tapi sekarang baru kelihatan buahnya setelah beberapa lama. Dan kami laporkan pada presiden terpilih. Beliau juga dengan cepat respons, karena beliau komitmen untuk meneruskan," kata Luhut dalam keterangannya pada Kamis, 23 Mei 2024.

Luhut menjelaskan, produk yang dihasilkan dari hilirisasi seaweed sendiri yaitu bioplastik, makanan, pupuk organik, hingga biostimulan.

Selain itu, dari sisi pendapatan, hilirisasi rumput laut (seaweed) bisa menghasilkan 19 miliar dolar AS (Rp304 triliun) pada 2030 mendatang.

"Sekarang ini kita sedang memulai (hilirisasi), tapi tadi Pak Trenggono dalam speech-nya kan memberi tahu 2030 dari sini kita bisa ekspor sampai US$19 miliar dollar," ujar Luhut.

Menurut Luhut, hilirisasi rumput laut juga bisa membuka lapangan kerja yang besar. Di mana setiap 100 hektare ditaksir dapat mempekerjakan 150 orang.

"Di Nusa Tenggara Barat (NTB) saja itu ada 600 ribu hektare yang siap sekarang untuk kita tanam. Jadi kita tinggal nanti laporkan. Mudah-mudahan kita bisa mempersiapkan sehingga tahun ini juga sudah bisa kita mulai memakai yang 600 ribu hektare yang di NTB," ujarnya.sinpo

Komentar: