DPR Minta Keberangkatan Umrah Jelang Musim Haji Dibatasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 23 Mei 2024 | 11:52 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis. (SinPo.id/Parlementaria)
Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis. (SinPo.id/Parlementaria)

SinPo.id - Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis meminta pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) untuk membatasi keberangkatan umrah jelang musim haji, agar tidak menambah kepadatan jemaah di tanah suci.

"Dikhawatirkan jika jemaah umrah tersebut memutuskan lanjut berhaji. Padahal tenda sudah ditentukan. Bagaimana mereka mau memenuhi, nanti malah jadi liar pula," katanya dalam keterangan pers, dikutip Kamis 23 Mei 2024.

Terlebih berdasarkan pengalaman sebelumnya, ditemukan fakta bahwa tenda jemaah haji Indonesia selalu kelebihan kapasitas. Tidak menutup kemungkinan jemaah yang berhaji secara ilegal dengan menggunakan visa umrah, bukannya visa haji.

Menurutnya, Kemenag dapat bekerja sama dengan pihak Imigrasi dan Pemerintah Arab Saudi untuk membatasi keberangkatan umrah dari Indonesia pada musim haji kali ini.

Lebih lanjut, kata John, banyaknya jemaah umrah berpotensi membuat para jamaah calon haji merasa tidak nyaman, dan jumlah jamaah yang terlalu banyak akan sulit membuat mereka berlaku tertib.

"Saya betul-betul minta kepada pemerintah, khususnya Dirjen PHU (Penyelenggaraan Umrah dan Haji) Kemenag, tolong bikin nyamanlah jamaah haji, bahagiakanlah jamaah haji," tandasnya.sinpo

Komentar: