Penyelundupan 80.000 Benih Lobster ke Malaysia dari DIY Digagalkan

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 21 Mei 2024 | 03:47 WIB
Ilustrasi penyelundupan benih bening lobster
Ilustrasi penyelundupan benih bening lobster

SinPo.id -  Bea Cukai Yogyakarta bersama Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Yogyakarta, Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan DIY, serta maskapai penerbangan Air Asia di Yogyakarta International Airport (YIA) gagalkan penyelundupan benih bening lobster (BBL) sejumlah 80.000 ekor yang diduga akan diselundupkan ke Malaysia menggunakan pesawat maskapai Air Asia.

“Berawal dari informasi bahwa terdapat 2 (dua) buah koper milik seorang calon penumpang pesawat Air Asia AK349 tanggal 14 Mei 2024 yang diduga berisi BBL,” ungkap Riri Riani, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta.

Selanjutnya dilakukan penelusuran dan pemeriksaan fisik bersama oleh Bea Cukai Yogyakarta, Avsec YIA, Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan DIY, dan maskapai penerbangan Air Asia di Kantor Bantu Bea Cukai YIA dan didapati berisi total 80.000 ekor BBL jenis pasir yang dikemas dalam 40 kemasan plastik.

Karena 80.000 ekor BBL dalam kondisi hidup dan perlu penanganan lebih lanjut yang bersifat segera maka dilakukan serah terima ke Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan DIY. “Kami juga melepasliarkan benih lobster tersebut di Pantai Baru, Bantul,” pungkas Riri.sinpo

Komentar: