Jokowi Kenalkan Prabowo di WWF, AHY: Pesan ke Dunia, Indonesia Komitmen Atasi Isu Air

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 20 Mei 2024 | 18:09 WIB
AHY (SinPo.id/ATR BPN)
AHY (SinPo.id/ATR BPN)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memperkenalkan Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia, kepada para delegasi dan tamu undangan Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. 

Menurut AHY, pengenalan Prabowo oleh Jokowi itu sebagai pesan kepada para pemimpin dunia bahwa presiden Indonesia berikutnya akan selalu memegang komiten untuk selalu mengatasi dan memberi solusi masalah air. 

"Dengan memperkenalkan sekaligus juga ada kalimat yang sangat kuat (dari Jokowi) bahwa next leader, presiden berikutnya Bapak Prabowo Subianto, akan terus memiliki komitmen untuk memberikan solusi terhadap isu air sedunia," ujar AHY di acara KTT WWF ke-10 di Nusa Dua, Bali, Senin, 20 Mei 2024. 

Selain itu, Menteri Agraria dan dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu menilai, Jokowi ingin mencontohkan bahwa perjalanan demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik. Sehingga, ketika kontestasi berakhir, semua pihak pun menghormatinya.

"Sesuatu yang sangat mulia menurut saya, itu juga sebuah penghormatan sekaligus juga pesan ke dunia internasional bahwa Indonesia sebagai negara demokrasi tentunya menghormati segala proses dan ketika sudah berakhir proses politik pemilu, pemilihan presiden, maka kita hormati hasilnya, sekaligus langsung masuk dalam sebuah mode transisi yang baik," tuturnya. 

Tak hanya itu, AYH memandang, lewat pengenalan tersebut, masyarakat dunia untuk pun mendapatkan keyakinan bahwa pada saatnya akan terjadi transisi kepemimpinan nasional yang berpengaruh terhadap berbagai aspek ketatanegaraan, tapi juga dalam pengelolaan isu-isu dunia, komitmen Indonesia tidak berubah. 

"Yang kita tahu, air menjadi isu sedunia, tanah, ekonomi menjadi isu dunia, dan sebagainya," kata AHY. sinpo

Komentar: