Pengamat Sebut Kehadiran Kapolri di Lapangan Pengaruhi Kepuasan Masyarakat saat Mudik 2024

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 18 Mei 2024 | 20:52 WIB
Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang (SinPo.id/
Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang (SinPo.id/

SinPo.id - Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang menilai kepuasan publik mencapai 90,4 persen atas penyelenggaraan mudik dikarenakan kehadiran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang turun langsung ke lapangan. Kehadiran Jenderal Sigit, kata dia, bagi masyarakat sama seperti kehadiran negara yang peduli kepada rakyatnya. 

Sebagai informasi, Kapolri selalu mengecek kesiapan mudik baik di stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan. Orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini juga kerap menyapa masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman untuk berlebaran.

"Yang paling penting kehadiran negara dalam pelaksanaan mudik, kehadiran Kapolri dan seluruh pejabat hingga level paling bawah mengakibatkan masyarakat semakin yakin bahwa mudik bahwa acara mudik semakin lancar karena kehadiran mereka. Negara hadir membuat masyarakat semakin puas dengan adanya pengamanan mudik dari Polri," kata Rustika dalam keterangannya, Sabtu, 18 Mei 2024.

Rustika mengatakan, strategi komunikasi yang dilakukan Polri juga sudah cukup baik. "Strategi komunikasi yang smart, humanis, ada pendekatan kultural dan humble," ucapnya.

Menurut dia, dari hasil analisis media dan media sosial menunjukkan ada upaya-upaya dari pihak kepolisian untuk mensukseskan mudik Lebaran 2024 yang lalu. 

Dia pun meyakini, strategi yang dibangun oleh Polri yakni menggunakan model propaganda putih. Rustika menyebut, pihak kepolisian menggunakan sumber-sumber yang akurat membicarakan secara terbuka dan jujur, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan ketika ada kemacetan 

Selain itu, Polri juga semakin kreatif dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan mudik. Pihak kepolisian menggunakan berbagai platform dan mengemasnya dengan bahasa yang ringan.

"Seluruh pilihan diserahkan kepada masyarakat. Cukup menarik dari Polri juga  sangat cepat merespon keluhan dengan memberikan solusi atau tips terkait dengan mudik," kata Rustika.sinpo

Komentar: