PILGUB JATIM

Golkar Targetkan Khofifah-Emil Menang di Pilgub Jatim

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 18 Mei 2024 | 12:12 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Ashar)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Partai Golkar menargetkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak kembali menang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur tahun 2024. Khofifah-Emil harus lebih unggul daripada pasangan lainnya.

"Yang penting kalau dalam pilkada itu menang," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat malam, 17 Mei 2024.

Airlangga mengatakan partainya tidak akan menargetkan perolehan suara Khofifah-Emil di Pilkada Jatim. Golkar hanya berharap pasangan yang diusungnya bisa memenangkan Pilgub Jatim.

"Menang itu ya lebih unggul dibandingkan yang lain. Tentu kami tidak akan membahas angkanya berapa karena ini kami tidak menentukan," ujarnya.

Kendati demikian, Airlangga mengatakan partainya masih belum membahas kemungkinan lawan Khofifah-Emil dalam kontestasi Pilkada Jatim. Termasuk, kotak kosong.

"Kalau kotak kosong belum kami bahas," ucap dia.

Airlangga mengatakan komunikasi Partai Golkar dengan parpol lain, terutama dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) berjalan lancar.

Partai Golkar merupakan anggota KIM untuk mengusung Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Partai lain yang tergabung dalam KIM meliputi Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada kesempatan sama, Airlangga mengatakan tujuan Partai Golkar mengusung pasangan Khofifah-Emil karena ingin kemajuan Jatim dilanjutkan kembali oleh gubernur-wakil gubernur periode 2019-2024.

"Kami tidak ingin pasangan yang sangat bekerja sama baik memajukan Jawa Timur, menurunkan kemiskinan ekstrem, penanganan COVID-19 yang baik, jadi proven leadership (contoh kepemimpinan) untuk di Jawa Timur, (sehingga) akan terus kami usung," ucap dia.sinpo

Komentar: