Pulang dari Qatar, Menhan Prabowo Langsung Serahkan Bantuan Bencana di Sumbar

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 16 Mei 2024 | 11:43 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sumbar. (SinPo.id/Antara)
Menhan RI Prabowo Subianto menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sumbar. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto usai dari Qatar langsung menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi yang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Saya turut berduka cita dan berbelasungkawa atas musibah yang terjadi di Sumatera Barat," kata Menhan RI Prabowo Subianto di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis, 16 Mei 2024.

Prabowo yang juga Presiden terpilih periode 2024-2029 itu, diketahui bertolak dari Qatar sekitar pukul 02.00 waktu setempat, dan tiba di BIM Kabupaten Padang Pariaman sekitar pukul 10.00 WIB bersama rombongan.

Dalam arahannya, Prabowo mengajak semua pihak dan masyarakat secara umum untuk terus berdoa agar musibah yang sama tidak kembali terjadi. Menhan secara langsung juga mendoakan agar keluarga korban bencana lahar dingin tetap tabah menghadapi musibah tersebut.

Prabowo mengatakan, dirinya sengaja terbang dari Qatar ke Ranah Minang untuk memberikan bantuan kemanusiaan dari Kementerian Pertahanan. Prabowo menegaskan akan terus memantau perkembangan penanganan bencana yang terjadi.

Bantuan yang diserahkan Prabowo tersebut akan disalurkan ke wilayah terdampak bencana hidrometeorologi, di antaranya Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang yang terjadi pada Sabtu, 11 Mei 2024 malam.

Secara simbolis, Prabowo menyerahkan bantuan kepada Bupati Agam dan Bupati Tanah Datar di kawasan BIM, Kabupaten Padang Pariaman. Lengkapnya, bantuan yang disalurkan Kementerian Pertahanan, yakni beras sebanyak 20 ton, 1.000 paket obat-obatan dengan rincian obat diare, demam/flu, minyak kayu putih, betadine, dan vitamin. Berikutnya, 600 pasang sepatu boat, 3.000 lembar selimut, 3.000 paket alat mandi, dan 10.000 dus mi instan.

Prabowo Subianto diketahui melakukan sejumlah rangkaian kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar bersama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka untuk menghadiri Forum Ekonomi Qatar.sinpo

Komentar: