Bawaslu Minta Sentra Gakkumdu Pilkada 2024 Segera Dibentuk

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 14 Mei 2024 | 22:18 WIB
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (SinPo.id/Tio)
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja meminta Sentra Gakkumdu Pilkada 2024 segera dibentuk.

Dia menilai pembentukkan Sentra Gakkumdu untuk Pilkada 2024 sangat penting karena saat ini tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan sudah berjalan.

"Kami harap akhir Mei 2024 sudah dibentuk. Karena waktu terus berjalan, tidak mungkin ditunda sampai bulan depan," kata Bagja dalam keterangannya, Selasa, 14 Mei 2024.

Untuk mempercepat pembentukan Gakkumdu, kata Bagja, Bawaslu akan melakukan pertemuan marathon dengan kepolisian dan kejaksaan. Nantinya, ketiga lembaga tersebut bakal duduk bersama dalam upaya menegakkan keadilan pemilu.

"Kami harap pada Juni 2024 akan ada rapat koordinasi nasional. Rapat tersebut untuk menyamakan persepsi ketiga lembaga sesuai kewenangannya masing-masing, dalam Pilkada 2024,” ungkap dia. 

Lebih lanjut, Bagja mengungkapkan, pembentukkan Sentra Gakkumdu akan mempermudah masyarakat yang ingin melaporkan pelanggaran, dalam tahapan pendaftaran calon kepada daerah. Hal tersebut, kata dia, lumrah terjadi dalam setiap tahapan pencalonan.

“Sehingga Masyarakat tidak bingung mencari tempat untuk melaporkan pelanggaran. Jika ada Gakkumdu langsung saja melapor dengan menyertakan syarat-syarat pelaporan," ujar Bagja. 

Seperti diketahui, Pilkada 2024 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024. Pilkada dilaksanakan di wilayah provinsi dan atau kabupaten/kota untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah.sinpo

Komentar: