REVISI UU PENYIARAN

Dasco Soal Revisi UU Penyiaran: Akan Dikonsultasikan dengan Rekan Media

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 Mei 2024 | 12:33 WIB
Wakil Ketua DPR RI Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Wakil Ketua DPR RI Dasco (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI, Dasco, mengaku belum mempelajari draf revisi Undang-undang Penyiaran yang menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Namun pihaknya akan mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan Komisi I DPR RI sesuai dengan masukan dari rekan-rekan media.

"Saya belum pelajari tetapi memang beberapa temen di Komisi I itu minta waktu untuk konsultasi sehubungan dengan banyaknya masukan-masukan dari teman-teman media," kata Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 14 Mei 2024.

Sementara terkait dengan adanya larangan penayangan eksklusif jurnalistik investigasi, ia menjelaskan akan dikaji terlebih dahulu agar hak jurnalis tetap berjalan, namun dampaknya tetap dapat diminimalisir.

"Mengenai investigasi-investigasi kan ya namanya juga hal yang dijamin undang-undang, ya mungkin kita akan konsultasi dengan kawan kawan bagaimana caranya supaya semua bisa berjalan dengan baik, hak-nya tetap jalan, tetapi impactnya juga kemudian bisa diminimalisir," jelasnya.

Karena menurutnya, penayangan investigasi tidak seharusnya dilarang, namun harus ditayangkan pada koridor yang tepat. Pasalnya, banyak hasil investigasi yang dinilai tidak benar.

"Ada juga yang sebenarnya hasil investigasinya benar, tapi ada juga yang kemarin kita lihat juga investigasinya separuh benar, nah itu. Jadi kita akan bikin aturannya, supaya sama-sama jalan dengan baik," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: