Pj Gubernur DKI Ingin Bikin Pulau dari Sampah

Laporan: Tio Pirnando
Senin, 13 Mei 2024 | 14:47 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (SinPo.id/Anam)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku ingin membuat pulau dari sampah-sampah masyarakat. Sebab, Jakarta menghasilkan banyak sampah setiap hari. 

Menurut dia, pulau baru ini bisa menjadi tambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi Jakarta.

"Lokasinya adalah salah satunya yang pantas, yang layak dikaji, adalah di wilayah utara (laut Jakarta)," kata Heru usai groundbreaking RDF Plant di Rorotan, Jakarta Utara, Senin, 13 Mei 2024. 

Heru menyampaikan, idenya ini muncul karena Pemprov DKI Jakarta kerap mengeruk sedimen alias lumpur yang menumpuk di dasar 13 sungai di Jakarta. Tumpukan sedimen ini lantas menjadi persoalan lantaran tak ada lagi tempat pembuangan.

Dia menganggap, sampah yang menjadi sedimen bisa dimanfaatkan untuk membuat pulau baru. Cara ini juga menjadi solusi permasalahan penumpukan sampah di sungai yang berakibat pendangkalan.

"Jadi, nanti pembuangan sampah itu, termasuk sedimen, menjadi pulau-pulau," ujarnya. 

Nantinya ketika pulau sudah jadi, lanjut Heru, pengelolaannya bisa dilakukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta. Kemudian, nanti bisa juga membangun fasilitas pengolahan sampah lainnya di pulau baru itu.

"Pulau-pulau itu bisa pengolahan dinas Dinas Taman," ucapnya.

Heru menerangkan pulau baru ini bisa menjadi pengganti Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang yang sudah kelebihan muatan.

"Kalau saya ditanya, ya kita harus ke depan seperti itu. Tidak mungkin lagi membuang sampah Bantar Gebang di wilayah daratan Jakarta," pungkas Heru.sinpo

Komentar: