KLHK Apresiasi Berbagai Terobosan PLN Cegah Perubahan Iklim di Indonesia

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:20 WIB
PLN (SinPo.id/PLN)
PLN (SinPo.id/PLN)

SinPo.id - Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Laksmi Dhewanthi, mengapresiasi berbagai terobosan yang ditempuh PLN dalam mencegah perubahan iklim di Indonesia.

Karena menurutnya, PLN sebagai tulang punggung transisi energi telah berupaya menggaungkan sustainable lifestyle untuk menjaga ekosistem dan rusaknya keanekaragaman hayati akibat dampak krisis iklim.

”Kalau kita tidak berhasil mengubah sustainable lifestyle kita, maka panas ini akan merusak seluruh ekosistem yang ada, keanekaragaman hayati akan rusak, dan semua modal dasar hidup dan kehidupan akan rusak," kata Laksmi, dikutip Jumat 10 Mei 2024.

Terlebih sebagai negara yang menandantangani Paris Agreement, Indonesia bersama 194 negara lainnya telah berkomitmen untuk menjaga suhu bumi tidak melebihi 1,5 derajat celcius dalam 1 abad mendatang.

Sehingga, kata Laksmi, berbagai langkah yang dilakukan oleh PLN sangat berarti bagi keberlangsungan ekosistem di Indonesia. Termasuk transisi energi guna meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan mengurangi ketergantungan pada energi fosil.sinpo

Komentar: