PILKADA KOTA SEMARANG

Lima Tokoh Daftar Pilkada Kota Semarang Lewat PKB

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 08 Mei 2024 | 19:56 WIB
Bendera PKB (SinPo.id/ Dok. PKB)
Bendera PKB (SinPo.id/ Dok. PKB)

SinPo.id - Ketua DPC PKB Kota Semarang Muhammad Mahsun mengatakan, hingga kini telah ada lima tokoh yang mendaftar untuk maju di Pilkada Kota Semarang. Dua orang mendaftar walikota, dan tiga orang mendaftar wakil walikota. 

“Hingga hari ini, lima orang telah mendaftar Pilkada ke PKB,” ujar Mahsun di Kantor DPC PKB Kota Semarang, Rabu, 8 Mei 2024.

Dia sebutkan, dua orang yang mendaftar wali kota yakni Soemarmo HS dan AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi. Adapun peminat kandidat wakil wali kota, Ady Setiawan, Tazkiyyatul Muthmainnah dan Bambang Eko Purnomo.

“Adapun yang telah resmi mendaftar dengan berkas lengkap adalah Ady Setiawan alias Mas Wawan,” jelasnya.

Dia lanjutkan, lima pendaftar tersebut telah dikenal masyarakat. Karena sudah sering masuk berita media. Mereka berasal dari unsur politisi dan unsur profesional. 

“Kita tahu, Pak Marmo adalah mantan Walikota Semarang. Mas Yoyok angota DPR RI,” terangnya. 

Tazkiyyatul Muthmainnah alias Mbak Iin, sambungnya, anggota DPRD Jateng dari Dapil Kota Semarang, sementara Bambang Eko Purnomo, anggota DPRD Jateng.  Sedangkan Ady Setiawan adalah direktur PDAM Indramayu, yang pernah menjadi direktur PDAM Grobogan dan Jember.

Mahsun menjelaskan, setelah DPC PKB Kota Semarang menerima pendaftaran secara resmi, pihaknya akan membawa berkas itu ke DPW PKB Jawa Tengah untuk diverifikasi dan dilanjutkan dikirim ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB. 

DPP PKB akan memutuskan siapa calon yang diberi rekomendasi sebagai pasangan walikota dan wakil walikota. Surat rekomendasi dari DPP PKB itu kemudian dikirim ke DPC PKB Kota Semarang, dan dipergunakan mendaftar ke KPU Kota Semarang. 

“Nantinya surat rekomendasi berisi nama pasangan walikota dan wakil walikota,” pungkas dia.sinpo

Komentar: