Kembangkan Komoditas Unggulan Daerah, PLUT KUMKM Harus Sinergi dengan Komunitas Bisnis

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 Mei 2024 | 14:57 WIB
Mbloc Space di Blok M Jakarta Selatan. (SinPo.id/Manual Jakarta)
Mbloc Space di Blok M Jakarta Selatan. (SinPo.id/Manual Jakarta)

SinPo.id - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki, menekankan pentingnya aktivitas Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM bekerja sama dan bersinergi dengan banyak komunitas bisnis agar dapat meningkatkan komoditas unggulan daerah dengan maksimal.

"Pelaku UMKM bersama PLUT harus terus melakukan dan mengembangkan inovasi produk dan model bisnis, karena persaingan usaha sudah semakin ketat. Jadi, manfaatkan keberadaan gedung PLUT ini sebaik mungkin," kata Teten, dikutip Rabu 8 Mei 2024.

Menurutnya, MBloc di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, yang bersinergi dengan komunitas bisnis hingga mampu menjadikan gedung tua menjadi berdaya saing, dapat dijadikan sebagai salah satu contoh keberhasilan dari kerja sama antara PLUT KUMKM dengan komunitas bisnis.

"Saat ini, MBloc menjadi tempat yang artistik dan nyaman untuk anak-anak muda, tak kalah dengan mal-mal besar di Jakarta. Pengunjung perharinya sudah mencapai 14 ribu orang," ungkapnya.

Selain MBloc, ada juga PosBloc dan Sarinah yang 100 persen memasarkan produk-produk berkualitas dari UMKM. Artinya, produk UMKM tak kalah bergengsinya dengan pusat-pusat perbelanjaan modern dan juga brand-brand besar.

"Produk UMKM itu banyak yang unggul. Maka, harus dikelola dengan baik agar tidak kalah dengan brand-brand besar," tuturnya.

Oleh karena itu, Teten berharap PLUT dijadikan sebagai tempat belajar dan wadah bertemunya ide-ide kreatif (working space), untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi di suatu daerah, khususnya bagi anak-anak muda. Sehingga komoditas unggulan di suatu daerah dapat dijadikan ide bisnis yang kemudian bisa terhubung ke pembiayaan dan investor.sinpo

Komentar: