Khofifah Ingin Duet dengan Emil Dardak di Pillada Jatim, Gerindra: Kami Akan Komunikasikan dengan Partai KIM

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 06 Mei 2024 | 21:38 WIB
Khofiffah dan Emil Dardak (SinPo.id/Radar)
Khofiffah dan Emil Dardak (SinPo.id/Radar)

SinPo.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan pihaknya bakal berkomunikasi dengan partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait sosok yang bakal diusung untuk calon di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Semua hal akan dibahas bersama-sama, termasuk keinginan mantan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berduet dengan mantan Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak.

"Karena itu kami perlu komunikasi. Bu Khofifah apakah dengan Pak Emil atau dengan siapa, kami komunikasi pertama dengan teman-teman Koalisi Indonesia Maju. Yang kedua dengan partai politik lain," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 6 Mei 2024.

Habiburokhman menyebut Gerindra belum memiliki cukup kursi untuk mengusung calon kepala daerah di wilayah Jatim. Sehingga, Komunikasi harus dilakukan karena Gerindra tak bisa mengusung calon kepala daerah sendirian.

"Jadi enggak bisa (sendiri). Kayaknya sedikit sekali baik pilkada provinsi, kabupaten, kota yang Partai Gerindra bisa menentukan sendiri. Karena kursinya belum cukup," kata Wakil Ketua Komisi III DPR ini. 

Di sisi lain, Habiburokhman mengamini Gerindra menyambut baik jika Partai Demokrat terbuka untuk kembali mengusung Emil Dardak pada Pilkada Jatim.

"Kalau saya melihat, ya pantas-pantas saja (Emil Dardak maju Pilkada Jatim dari Demokrat). Cuma kalau keputusannya di Gerindra setelah melihat, itu ada di Pak Prabowo ya, yang akan memutuskan," tegas dia. 

Sebelumnya, Khofifah mengaku nyaman dan produktif bekerja dengan bekas pasangannya, Emil Dardak. Menurutnya, kenyamanan dan produktivitas menjadi faktor penting dalam menentukan calon wakil gubernur Jatim yang akan mendampinginya pada Pilkada serentak 2024.

"Saya merasa nyaman dan produktif dengan Mas Emil (Dardak). Nyaman itu penting, produktif itu penting," kata Khofifah beberapa waktu lalu.

Khofifah mengatakan dirinya dan Emil tengah berusaha mengomunikasikan wacana duet di Pilkada Jatim itu kepada partai-partai yang mengusung. sinpo

Komentar: