Puluhan Mobil dan Motor Listrik Disiapkan untuk Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan 17 Agustus di IKN

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 05 Mei 2024 | 17:34 WIB
Kakorlanras Polri serahkan kendaraan listrik untuk pengamanan upacara kemerdekaan di IKN (SinPo.id/Polri)
Kakorlanras Polri serahkan kendaraan listrik untuk pengamanan upacara kemerdekaan di IKN (SinPo.id/Polri)

SinPo.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Aan Suhanan meninjau Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Kunjungannya tersebut untuk memastikan kesiapan pengamanan pengawalan rute dan ketersediaan parkiran saat upacara 17 Agustus 2024 di IKN.

“Seperti kita tahu kegiatan hari ulang tahun kemerdekaan 2024 akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara Kaltim, kami dari Korlantas tadi melihat ke IKN jalur-jalur yang akan digunakan menuju IKN mulai dari Balikpapan sampai ke IKN, tempat acara, lokasi parkir dan sebagainya,” ujar Aan Suhanan dalam keterangannya, Minggu, 5 Mei 2024.

Aan Suhana menjelaskan, guna mendukung pengamanan pergerakan arus lalu lintas, akan di Bawah Kendali Operasi atau BKO-kan personel, kendaraan, teknologi yang mendukung operasional manajemen operasi dalam pengawalan tamu VVIP dan VIP.

“Sudah dipersiapkan personel, kendaraan, teknologi yang akan mendukung operasional manajemen operasi nanti ini kita sudah kita persiapkan, sehingga nanti kita akan BKO kan ke Paspampres untuk pengawalan VVIP dan VIP akan kita kelola,” ungkapnya.

“Ada dua ya yang pertama ada pengamanan VVIP itu langsung berada di bawah kendali TNI, kemudian untuk pengamanan VIP ini menjadi tanggung jawab kita (Polisi Lalu Lintas),” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Aan Suhanan juga menyerahkan bantuan kendaraan listrik roda dua dan roda empat untuk mendukung kegiatan pengamanan di IKN.

“Di IKN kita tahu semua harus kendaraan yang berbasis baterai jadi kita serahkan ke Pak Dirlantas untuk kendaraan roda empat ini ada 50 nanti untuk mendukung kegiatan tersebut, kemudian roda dua juga ada 100 nanti yang akan kita serahkan ke Pak Dirlantas,” ungkap Irjen Pol Aan.

Lebih lanjut, Kakorlantas juga menerima paparan langsung dari Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Rifki terkait kesiapan pengamanan pengawalan rute dan parkiran dari Ditlantas Polda Kaltim.

“Secara komperhensif tadi sudah disampaikan ada beberapa catatan untuk lebih siap lagi kesiapannya sehingga pelaksanaannya nanti kita bisa melaksanakan dengan baik untuk pengamanan, rute perparkiran dan pengawalan,” pungkasnya.sinpo

Komentar: