Banjir Melanda Brazil, Puluhan Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 05 Mei 2024 | 16:43 WIB
Banjir di Brazil (SinPo.id/Reuters)
Banjir di Brazil (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Banjir akibat hujan lebat yang melanda negara bagian paling selatan Brazil, Rio Grande do Sul, telah menewaskan 39 orang. Namun pihak berwenang setempat mengatakan, jumlah tersebut kemungkinan masih akan bertambah karena banyaknya korban yang hilang.

Menurut Otoritas pertahanan sipil Rio Grande do Sul 68 orang masih hilang dan setidaknya 24 ribu orang mengungsi karena badai tersebut berdampak pada lebih dari separuh dari 497 kota di negara bagian tersebut, yang berbatasan dengan Uruguay dan Argentina.

“Angka-angka ini masih bisa berubah secara signifikan dalam beberapa hari berikutnya seiring kita mendapatkan akses ke lebih banyak wilayah,” kata gubernur negara bagian tersebut, Eduardo Leite, dilansir dari ABC, Minggu 5 Mei 2024.

Banjir tersebut juga memicu tanah longsor dan runtuhnya sebagian struktur bendungan di pembangkit listrik tenaga air. Bahkan bendungan kedua di kota Bento Goncalves juga berisiko runtuh. Sehingga pihak berwenang memerintahkan warga yang tinggal di dekatnya untuk mengungsi.

Selain itu, di Porto Alegre, ibu kota Rio Grande do Sul, Sungai Guaiba meluap, dan membanjiri jalan-jalan, menghalangi akses ke lingkungan pusat kota yang bersejarah.sinpo

Komentar: