PKB Akui Butuh Koalisi untuk Bertarung di Pilgub Jatim

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 02 Mei 2024 | 20:32 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin. (SinPo.id/Sigit Nuryadin)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin. (SinPo.id/Sigit Nuryadin)

SinPo.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengakui partainya membutuhkan koalisi untuk bertarung di Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024. Sekalipun PKB merupakan partai pemenang di Jatim pada pemilu legislatif (pileg) 2024.

"Ya lagi proses (bakal calon Gubernur Jatim), tentu kita tetap butuh koalisi," kata Cak Imin di Jakarta pada Kamis, 2 Mei 2024.

Cak Imin mengatakan PKB akan mempertimbagkan sejumlah hal dalam mengusung calib di Pilgub Jatim. Antara lain, ketokohan calon dan mesin pemenangan.

Cak Imin menegaskan partainya sangat siap dalam pertarungan Pilgub Jatim. Termasuk, jika harus melawan Khofifah Indar Parawansa yang merupakan petahana. Cak Imin percaya diri mengingat partainya sebagai pemenang di Jatim.

"Ya harus siap lah (lawan Khofifah), partai pemenang," kata Cak Imin.

Sebelumnya, PKB menggelar pertemuan dengan para bakal calon kepala daerah. Acara pertemuan ini dipimpin langsung Cak Imin.

Dalam pertemuan ini, Cak Imin mengungkapkan sudah bertemu dengan bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri ke PKB untuk mengikuti Pilkada 2024. Salah satu nama tenar yang mendaftarkan diri yakni mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Tidak hanya Airin, nama tenar lainnya yang hadir dalam acara bertemakan 'Taaruf Politik' bersama Cak Imin, yakni Ketua DPD Golkar Jakarta, Zaki Iskandar. Zaki disebut Cak Imin bersiap untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jakarta.

Sementara itu, untuk pencalonan Gubernur Jawa Barat, sudah ada dua nama dari internal partai, yaitu Cucun Syamsurijal dan Wasekjen PKB, Saiful Huda.sinpo

Komentar: