Prabowo Rajin Dampingi Jokowi, Pakar: Transisi ke Pemerintahan Baru Mulus

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 30 April 2024 | 18:23 WIB
Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto (SinPo.id/Setpres)
Presiden Jokowi bersama Prabowo Subianto (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai kehadiran Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, di hampir setiap kunjungan kehormatan yang diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai tanda transisi pemerintahan yang akan berjalan mulus.

"Kalau saat ini Pak Prabowo sering menemani Pak Jokowi, kalau sering diajak ke mana-mana dalam suatu kegiatan kenegaraan ini, ya sudah menandakan bahwa transisi pemindahan dari Pak Jokowi ke Pak Prabowo akan berjalan mulus, lancar, akan smooth," kata Ujang dalam keterangannya pada Selasa, 30 April 2024.

Ujang bahkan menyebut keduanya kompak berada dalam satu frekuensi, yakni menjunjung prinsip keberlanjutan. Menurut dia, langkah Jokowi yang kerap menggandeng Prabowo saat menerima lawatan banyak negara adalah bentuk usaha mengenalkan Prabowo sebagai penerusnya. Selain itu, upaya tersebut menjadi penegasan bahwa mereka ke depan akan terus membangun bangsa.

"Saya melihatnya sebagai sesuatu yang positif ketika Pak Prabowo sering bertemu Pak Jokowi, dan Jokowi sering membawa Prabowo ke acara dengan pemimpin negara lain. Itu menjadikan mereka satu frekuensi dan mereka kelihatannya akan bersama-sama saat ini hingga ke depan dalam membangun bangsa," kata dia.

Beberapa waktu belakangan, Prabowo memang tampak sering menemani Jokowi menerima kunjungan kehormatan sejumlah pemimpin negara. Terbaru, Prabowo turut mendampingi Jokowi menyambut kehadiran Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di Istana Kepresidenan Bogor, Senin, 29 April 2024.

Pada kesempatan tersebut, Lee didampingi oleh Deputi PM Lawrence Wong, sosok yang akan menggantikan Lee sebagai PM Singapura pada tanggal 15 Mei 2024. 

Sebelumnya, Prabowo mengatakan jika Jokowi banyak membantu dan memperhatikan dirinya menuju pelantikan pada 20 Oktober 2024.

"Harus saya sampaikan di sini, betapa besar Pak Joko Widodo menyiapkan saya saudara-saudara sekalian. Beliau seorang (sosok) yang boleh saya katakan sangat teliti. Beliau sangat teliti," kata Prabowo pada acara Halal Bihalal PBNU.

"Sampai sekarang pun beliau memperhatikan saya dan saya merasa disiapkan benar-benar. Kemarin-kemarin saya masih dipanggil ‘Menhan’ 'kan, sekarang sudah lebih akrab, (dipanggil) 'Mas Bowo'." ucap Prabowo.

Prabowo mengungkapkan bahwa salah satu bentuk persiapan dan perhatian dari Jokowi adalah saat mendapat petunjuk untuk melakukan kunjungan kehormatan ke sejumlah negara.

Di awal April 2024, Prabowo tercatat berkunjung ke Tiongkok dan Jepang. Setelah itu, Prabowo berencana melakukan kunjungan ke Timur Tengah, sebagaimana yang diarahkan Jokowi.

"Saya ke Tiongkok atas petunjuk beliau, ke Jepang juga. Sekarang saya diperintahkan ke Timur Tengah," tegas Prabowo.sinpo

Komentar: