GEMPA GARUT

BPBD Lakukan Upaya Penanganan Darurat usai Gempa Garut

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 28 April 2024 | 15:55 WIB
Ilustrasi gempa bumi (SinPo.id/ Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi (SinPo.id/ Pixabay)

SinPo.id - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan upaya penanganan darurat sesaat setelah gempa di Garut terjadi.

"BPBD kabupaten, kota, serta provinsi Jawa Barat yang didukung oleh tim gabungan telah melakukan upaya penanganan darurat sejak dini sesaat setelah gempa terjadi," kata Abdul, melalui keterangan persnya, Minggu 28 April 2024.

Sementara tim Reaksi Cepat BPBD di masing-masing kabupaten dan kota serta provinsi Jawa Barat masih terus melakukan pendataan dan monitoring.

"Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, BPBD Kabupaten Sumedang bersama instansi terkait telah mendirikan tenda pengungsian di halaman parkir RS Sumedang," ungkapnya.

Seperti diketahui, sedikitnya sembilan kabupaten dan kota terdampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 yang mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29 WIB.

Adapun 10 wilayah di antaranya Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Sumedang. sinpo

Komentar: