Ratusan Mayat Ditemukan Di Kuburan Massal Gaza, Hamas Tuntut Penyelidikan Internasional

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 26 April 2024 | 09:56 WIB
Ratusan mayat yang ditemukan dalam kuburan massal di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis. (SinPo.id/Getty Images)
Ratusan mayat yang ditemukan dalam kuburan massal di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis. (SinPo.id/Getty Images)

SinPo.id - Kelompok Hamas menuntut penyelidikan internasional segera terhadap ratusan mayat korban Palestina yang dibunuh oleh tentara Israel dan dikuburkan di kuburan massal yang berada di Kompleks Medis Nasser di Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

“Tim medis terus menemukan jenazah para martir yang dieksekusi oleh tentara fasis Israel dan dikuburkan di kuburan massal di Kompleks Medis Nasser,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Anadolu Agency pada Jumat, 26 April 2024.

Pihaknya juga meminta negara-negara internasional untuk mengirimkan tim forensik khusus, serta peralatan yang diperlukan untuk mencari orang hilang dan mengidentifikasi jenazah.

Hamas juga menekankan perlunya membentuk komite internasional yang independen untuk menyelidiki kejahatan keji berupa kuburan massal yang berisi jenazah pasien, korban luka, anak-anak, dan wanita yang menjadi sasaran penyiksaan dan kebrutalan tentara Israel. Bahkan terdapat indikasi sejumlah orang dikubur hidup-hidup. 

Sementara itu, menurut Badan Pertahanan Sipil Gaza, sebanyak 392 mayat telah ditemukan di tiga kuburan massal di Rumah Sakit Nasser.

Sebelumnya, Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Israel juga telah diperintahkan untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bantuan kemanusiaan dapat sampai kepada warga sipil di Gaza.sinpo

Komentar: