PBB Terima Laporan Penemuan Mayat dengan Kondisi Telanjang di Kuburan Massal Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 24 April 2024 | 09:27 WIB
Kantor hak asasi manusia PBB menerima laporan terkait penemuan mayat yang diduga warga negara Palestina. (SinPo.id/Shutterstock)
Kantor hak asasi manusia PBB menerima laporan terkait penemuan mayat yang diduga warga negara Palestina. (SinPo.id/Shutterstock)

SinPo.id - Kantor hak asasi manusia PBB menerima laporan terkait penemuan mayat yang diduga warga negara Palestina dalam kondisi ditelanjangi dengan tangan terikat di kuburan massal di Gaza, Palestina.

Penemuan tersebut memunculkan kekhawatiran baru tentang kemungkinan adanya kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Israel di tengah serangan udara yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Laporan yang meresahkan terus bermunculan mengenai kuburan massal di Gaza di mana para korban Palestina dilaporkan ditemukan ditelanjangi dengan tangan terikat," kata OHCHR dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Mena pada Rabu 24 April 2024.

Selain itu, ratusan jenazah ditemukan terkubur jauh di dalam tanah dan ditutupi dengan limbah di Rumah Sakit Nasser di Khan Younis, Gaza tengah, dan di Rumah Sakit Al Shifa di kota Gaza di utara pada akhir pekan lalu. Sebagian di antaranya telah teridentifikasi.

“Di antara korban tewas diduga adalah orang-orang lanjut usia, perempuan dan terluka, sementara yang lain ditemukan dengan tangan terikat dan pakaiannya dilucuti,” kata Ravina Shamdasani, juru bicara Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB.sinpo

Komentar: