Dolar Menguat, Pemerintah Optimis Ekonomi Indonesia Akan Tetap Terjaga

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 22 April 2024 | 17:04 WIB
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/MK)
Menkeu Sri Mulyani (SinPo.id/MK)

SinPo.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengaku optimis perekonomian Indonesia akan tetap bertahan dan tumbuh resilien di level 5 persen, di tengah kondisi suku bunga dan inflasi global yang tinggi.

"Saya yakin ekonomi Indonesia akan tetap terjaga sesuai target, didukung oleh sisi ekspor yang kuat dan neraca perdagangan yang surplus,” kata Menkeu, dikutip dari Bloomberg, Senin 22 April 2024.

Menurutnya, situasi global yang berkembang saat ini akan berdampak pada perekonomian Indonesia. Sehingga Pemerintah akan terus mengantisipasi dan waspada terhadap perkembangan global tersebut.

"Di sisi ekspor, penerimaan akan jauh lebih baik dengan nilai tukar dolar yang menguat. Namun, di sisi impor, konversi harga dolar terhadap rupiah akan lebih tinggi dan bisa berdampak pada inflasi di Indonesia,” jelasnya.

Di samping itu, kata Menkeu, Stabilitas ekonomi makro juga akan senantiasa dijaga, baik dari sisi moneter maupun fiskal. Sehingga ia yakin Indonesia akan tetap resilien.

"Koordinasi dengan Bank Indonesia terus dilakukan untuk beradaptasi dengan tekanan yang ada. Dari sisi fiskal, kita memastikan APBN berperan menjadi shock absorber yang efektif dan kredibel,” pungkasnya. sinpo

Komentar: