Ada Tim Jibom Gegana Polri dan 10 Ekor K-9 Disiagakan di Depan MK

Laporan: Firdausi
Senin, 22 April 2024 | 14:24 WIB
Polri juga menerjunkan Tim K-9 atau anjing pelacak dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri di Jibom Gegana untuk pengamanan sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. (SinPo.id/Dok. Polri)
Polri juga menerjunkan Tim K-9 atau anjing pelacak dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri di Jibom Gegana untuk pengamanan sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. (SinPo.id/Dok. Polri)

SinPo.id - Selain mengerahkan ribuan personel, Polri juga menerjunkan Tim K-9 atau anjing pelacak dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri di Jibom Gegana untuk pengamanan sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pelaksanaan pengamanan dilakukan dengan menggelar sterilisasi di kawasan gedung MK dengan menerjunkan 10 ekor anjing pelacak. 

"Pelaksanaan kegiatan serilisasi terdiri dari 10 ekor satwa K-9 (kualifikasi handak dan pelacak umum) beserta pawangnya sebanyak 20 personel," kata Brigjen Trunoyudo kepada wartawan pada Senin, 22 April 2024. 

Menurut Trunoyudo, 10 ekor satwa K-9 melakukan penyusuran dilakukan di titik-titik yang dianggap berpotensi terdapat bahan berbahaya tersembunyi. 

Penelusuran dilakukan bersama-sama dengan Tim Jibom Gegana Korbrimob Polri dan Pamdal MK. 

"Selain 10 ekor K-9, ada juga Tim Jibom Gegana Korbrimob," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 7.783 personel gabungan disiagakan untuk pengamanan sidang putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan ribuan personel gabungan itu terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami membagi mereka pada beberapa sektor antara lain sektor (gedung) Mahkamah Konstitusi (MK), sektor Bawaslu RI dan sektor Monumen Nasional," ungkap Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya.sinpo

Komentar: