PILKADA 2024

PAN Prioritaskan Kader dalam Pencalonan Pilkada 2024

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 22 April 2024 | 06:53 WIB
PAN
PAN

SinPo.id -  Partai Amanat Nasional (PAN) memprioritaskan kader sendiri untuk dicalonkan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi.

“Kader PAN tersebut harus memiliki kualifikasi tertentu," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Minggu 21 April 2024

Dia menjelaskan kualifikasi tersebut di antaranya integritas pribadi yang baik, serius mengabdikan dirinya buat masyarakat, berdedikasi dan profesional, serta memiliki visi serta program pembangunan.

PAN berusaha untuk melanjutkan koalisi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), meskipun PAN memahami tidak seluruh daerah memiliki konfigurasi politik yang sama dengan tingkat nasional.

Terkait koalisi dalam Pilkada 2024, kata Viva, akan dilakukan dengan pertimbangan bahwa pasangan calon yang akan diusung memiliki kriteria sebagai calon pimpinan daerah yang baik, amanah, cinta rakyat dan berjiwa NKRI.

“Jadi, tidak hanya sekedar pemenuhan persyaratan pencalonan sesuai Pasal 40 ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada,” ujarnya.

Viva menyampaikan, Pilkada serentak 2024 bagi PAN adalah agenda nasional penting setelah pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden. Alasannya, karena proses seleksi kepemimpinan nasional harus sinergis dan menjadi mata rantai yang tidak putus dengan di daerah melalui pilkada.

"egenerasi kepemimpinan daerah akan mempercepat terwujudnya tujuan pembangunan nasional, melalui pembangunan dari desa-desa di seluruh Indonesia.

Alasan lainnya, menjadikan pilkada sebagai ajang pendidikan politik rakyat agar kualitas demokrasi semakin sehat, kuat, dan terlembaga," tambahnya
sinpo

Komentar: