PKB Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 20 April 2024 | 16:55 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/RRI)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (SinPo.id/RRI)

SinPo.id - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengumumkan pembukaan pendaftaran bagi masyarakat yang berniat maju dalam Pilkada 2024. PKB tidak akan membatasi pihak manapun untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah.

"Sejak hari ini tanggal 20 April 2024, saya nyatakan PKB membuka pendaftaran, PKB membuka peluang kepada semua pihak, latar belakang perbedaan partai, latar belakang perbedaan agama, suku, golongan, boleh mendaftar yang ingin diusung oleh PKB," kata Cak Imin dalam konferensi pers di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024.

Cak Imin menjelaskan pihak internal partai nantinya menetapkan beberapa kriteria terhadap para calon termasuk rekam jejak. Dia juga menyebut PKB memiliki peluang dalam menentukan setiap calon di Pilkada baik secara mandiri maupun berkoalisi.

"Tentu kami akan menentukan berdasarkan beberapa kriteria dan indikator termasuk visi dan misinya sekaligus komitmen dan track recordnya serta kapasitas dan kemampuannya terutama," ucap Cak Imin.

"PKB memiliki kesempatan, memiliki kursi, memiliki suara di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia dengan variasi, bisa mengusung sendiri, berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat threshold mengusung seorang calon gubernur ataupun calon bupati dan wali kota," timpal dia.

Dia pun menyampaikan sejauh ini belum ada tokoh yang menarik perhatian. Namun, dia meyakini banyak dari pengurus yang telah melakukan komunikasi ke berbagai tokoh.

"Sampai detik ini belum ada satu tokoh pun yang khususnya saya sebagai ketua umum mengincar atau kita pilih gitu belum. Saya nggak tahu kalau tim-tim yang sudah berkomunikasi di belakang. hahaha. Sudah banyak yang melamar ya? Sudah banyak yang melakukan pendekatan tapi belum tahu saya ke siapa dan siapa belum tahu," kata Cak Imin.sinpo

Komentar: