Sebanyak 2.713 Personel Gabungan Diterjunkan Kawal Demo di Sekitar Monas

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 19 April 2024 | 13:44 WIB
Situasi unjuk rasa di Patung Kuda. (SinPo.id/Tio)
Situasi unjuk rasa di Patung Kuda. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pihaknya mengerahkan  2.713 personel gabungan TNI-Polri dalam pengamanan aksi unjuk rasa di sekitar Monumen Nasional (Monas), tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Jumat, 19 April 2024.

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 2.713 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro pada Jumat, 19 April 2024. 

Susatyo melanjutkan, untuk rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan.

"Apabila para pengunjuk rasa mulai berdatangan, maka jalur akan kita tutup dan langsung dialihkan ke jalan lain," ujarnya.

Lebih lanjut, Susatyo berpesan agar masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas, sebaiknya mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, tutur Susatyo, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang, penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya. Sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif.

"Kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," tutup Susatyo.sinpo

Komentar: