AMICUS CURIAE

Pengusung 03, Pakar Sebut MK Tak Perlu  Pertimbangkan Amicus Curiae Megawati

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 18 April 2024 | 16:36 WIB
Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/ Dok. PDIP)
Megawati Soekarnoputri (SinPo.id/ Dok. PDIP)

SinPo.id - Pakar Hukum Tata Negara Universitas Jayabaya, Muhammad Rullyandi, menilai MK tak perlu mempertimbangkan lagi amicus curiae dari Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Sebab, Megawati merupakan pengusung pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang menjadi pemohon sengketa.

Rullyandi yang juga Tim Kuasa Hukum KPU dalam Sengketa Pilpres di MK mengatakan dirinya mengikuti secara langsung jalannya persidangan. Dia mengatakan tidak ada pendapat dari amicus curiae yang disampaikan di dalam persidangan.

"Di dalam mengadili sengketa Pilpres di MK sebenarnya yang diuji itu kan adalah bagaimana pembuktian dalil-dalil yang dimohonkan pemohon, termohon KPU, pihak terkait dan mendengar keterangan Bawaslu. Itu diuji semua dalam persidangan. Pertanyaannya, amicus curiae masuk tidak dalam fakta persidangan? Kan tidak ada," ucap Rullyandi kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Dia mengatakan pendapat amicus curiae disampaikan di luar proses persidangan. Atas dasar itu, dia menilai pendapat amicus curiae tidak relevan untuk dipertimbangkan.

"Dia kan terpisah sebagai sahabat pengadilan, mengajukan diri, karena itu menurut saya tidak ada relevansinya untuk dipertimbangkan apa yang dimohonkan oleh para amicus curiae itu yang isinya ada akademisi, ada tokoh masyarakat, ada Habib Rizieq, ada Din Syamsudin, baru kemarin daftar, kemudian Megawati, ketua partai," ucapnya.

Dia juga menilai keinginan Megawati dalam sengketa pilpres harusnya sudah terakomodir dalam permohonan Ganjar-Mahfud yang diusung PDIP selaku pemohon. Dia mengatakan hal itu menyebabkan amicus curiae Megawati tak perlu lagi dipertimbangkan.

"Kalau posisinya Megawati sebagai Ketua Umum Partai, dia sebagai partai pengusung paslon nomor 3 mestinya kan sudah terakomodir keinginannya, harapannya, keluh kesahnya, itu sudah diakomodir di permohonan sengketa Pilpres 03 dan tentunya sudah dijawab juga oleh KPU," ucapnya.

"Jadi menurut saya tidak perlu lagi mempertimbangkan amicus curiae-nya Megawati karena sebetulnya ya 03 itu sudah mewakili juga dari partai pengusung," timpalnya.

Rullyandi pun menyerahkan putusan kepada hakim MK. Dia percaya hakim MK bersikap independen dalam mengambil putusan.

"Jangan sampai nanti hakim justru malah didesak dengan keinginan-keinginan pihak di luar persidangan itu," ucapnya.

MK telah menerima 23 amicus curiae. Selain Megawati, ada juga amicus curiae yang diajukan oleh mantan Pimpinan KPK seperti Busyro Muqoddas, Saut Situmorang, Abraham Samad serta tokoh agama seperti Habib Rizieq Shihab dan Din Syamsudin.sinpo

Komentar: