Kelakar Gus Yahya Soal Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran: Jangan-Jangan NU Semua

Laporan: Tio Pirnando
Kamis, 18 April 2024 | 15:09 WIB
PBNU (SinPo.id/tio)
PBNU (SinPo.id/tio)

SinPo.id - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya hanya merespons melalui gurauan terkait kabar jatah menteri di Kabinet Prabowo-Gibran nanti, dari kader NU. 

Gus Yahya mengatakan, secara demografis, separuh dari penduduk Indonesia, merupakan warga NU. 

"Jadi kalau ditanya berapa (Kader NU masuk kabinet Prabowo-Gibran)? Saya nggak tahu. Tapi secara demografis, paling ndak separuh lah," kata Gus Yahya disambut tawa oleh pengurus lain, dalam konferensi pers Halalbihalal di Kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis, 18 April 2024. 

Menurut Gus Yahya, sebenarnya sejak tahun 2014 lalu, dirinya sudah pernah menyampaikan ke publik bahwa NU itu bukanlah fraksi politik, melainkan realitas demografi. 

Karenanya, tegas Gus Yahya, bukan ranah NU untuk membicarakan posisi dan jatah menteri di pemerintahan. 

"Saya sudah bilang, mungkin sejak 2014 sudah bilang, NU itu bukan Fraksi politik, NU itu realitas demografis. Jadi misalnya, sekarang jangan tanya ada berapa presentasi NU di kabinet, kalau secara demografis penduduk Indonesia itu separuhnya NU," ujarnya. 

Gus Yahya kembali berseloroh, melihat realitas geografis penduduk Indonesia banyak warga NU, bukan tidak mungkin menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang diisi oleh orang NU. 

"Jangan-jangan menterinya NU semua ini? Jangan kaget. Ini realitas demografis, bukan fraksi politik. Ini Soal demografi aja," tukasnya. sinpo

Komentar: