LEBARAN 2024

Khotbah Salat Ied Masjid Istiqlal: Hari Wisuda Umat Islam

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 10 April 2024 | 08:41 WIB
Masjid Istiqlal. (SinPo.id/Tio)
Masjid Istiqlal. (SinPo.id/Tio)

SinPo.id -  Khatib Salat Idul Fitri 2024 Masjid Istiqlal, KH Abdul A'la Basyir mengatakan, umat muslim yang telah berhasil menahan hawa nafsu, baik dari makan, minum, mengendalikan perilaku buruk selama bulan Ramadan, di Idul Fitri ini merupakan wisuda kelulusan ujiannya. 

"Ini hari wisuda bagi umat Islam yang berhasil lulus ujian dengan mampu mengendalikan diri lahir batin, dari hal-hal yang diharamkan dan dari hal yang tidak mencerminkan moralitas luhur selama bulan Ramadan," kata Abdul di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu, 10 April 2024. 

Menurut Abdul, di hari Idul Fitri ini, semua dosa akan dihapus dan kembali ke fitrah, bagi umat Islam yang berhasil menahan godaan selama Ramadan. Salah satu indikasinya adalah menguatnya integritas kepribadian. 

"Kita dapat mengembangkan budi pekerti baik dan perilaku luhur pada satu sisi dan mengendalikan hawa nafsu, emosi negatif Dan perilaku jelek pada sisi yang lain," ucapnya.

Oleh karena itu, Abdul mengajak umat Islam untuk merawat status yang telah kembali ke fitrah tersebut. Hal itu  bukan hanya dengan ucapan syukur saja, melainkan juga dengan aksi nyata.

"Melalui syukur ini kita menjadikan segala anugerah Allah menjadi modal untuk melakukan perubahan ke arah kebaikan dan kemaslahatan bagi kita bersama dan kehidupan," katanya.

 sinpo

Komentar: