MUDIK LEBARAN 2024

Minggu Malam, Pemudik Masih Padati Tol Cikatama dan Stasiun Senen

Laporan: Firdausi
Minggu, 07 April 2024 | 21:16 WIB
Pemudik di Tol Cikatama (SinPo.id/ Tangkapan layar)
Pemudik di Tol Cikatama (SinPo.id/ Tangkapan layar)

SinPo.id - Situasi di Tol Cikatama Utama pada Minggu, 7 April 2024 malam cukup ramai. Dari pantauan SinPo.id, kendaraan didominasi bus dan kendaraan pribadi, yang Tol Trans Jawa.

Contraflow dan one way juga sudah diterapkan oleh Jasa Marga dan pihak kepolisian demi mengurai kemacetan. Sementara dari pantauan udara, sejak pagi hingga malam hari volume kendaraan mengalami  peningkatan signifikan, namun tak terjadi penumpukan.

Informasi dari akun resmi Korlantas Polri NTMC menyebutkan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek diterapkan mulai dari Km 36 hingga Km 70 dengan dua skema pengendalian yang berbeda.

Skema pertama, dari KM 36 hingga KM 47, hanya akan ada satu lajur yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan yang berasal dari arah Jakarta dan diperbolehkan masuk ke dalam jalur contraflow.

Sedangkan skema kedua, dari KM 47 hingga KM 70, akan ada dua lajur yang khusus diperuntukkan bagi kendaraan dari arah Jakarta yang boleh masuk ke dalam jalur contraflow.

Kendaraan yang masuk ke jalur contraflow di Tol Japek ditujukan untuk menuju Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang berada di arah timur Pulau Jawa, khususnya menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara di Stasiun Pasar Senen, para pemudik juga masih terus berdatangan. Kondisi di Stasiun Pasar Senen terpantau ramai oleh para pemudik yang mayoritas menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dari laporan PT Kereta Api Indonesia (Persero), jumlah pemudik tahun ini meningkat dibandingkan musim mudik tahun lalu.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran 2024. Tercatat, KAI akan memberangkatkan 47.000 penumpang dari Daop I Jakarta ke Daop tujuan berikutnya. 

Sementara itu, untuk hari ini, dia menyebutkan bahwa diperkirakan sebanyak 45.000 penumpang akan berangkat mudik dari Daop 1 Jakarta. 

Diketahui, selama masa mudik Lebaran 31 Maret - 21 April 20124, KAI Daop 1 Jakarta telah menyedikan sebanyak 1.688 perjalanan kereta dengan rata-rata 77 perjalanan per harinya, dengan rincian 40 perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan 37 perjalanan berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Berdasarkan data KAI Daop 1 Jakarta, mayoritas tujuan wilayah para pemudik pada masa mudik Lebaran 2024 adalah Surabaya, Jawa Timur. Lalu diikuti wilayah di Jawa Tengah yakni Solo, Kutoarjo, dan Purwokerto.

"Dari jumlah perjalanan KAJJ tersebut telah disediakan sebanyak 963.948 seat/tempat duduk dengan rata-rata perhari sebanyak 43.816 seat/tempat duduk," ujar Ixfan.sinpo

Komentar: