MUDIK LEBARAN 2024

H-3 Lebaran, 150 Ribu Pemudik Berangkat dari Pelabuhan Merak-Ciwandan

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 07 April 2024 | 20:46 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko (SinPo.id/ Humas Polri)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri mencatat sebanyak 150.680 penumpang yang melakukan perjalanan mudik melalui Pelabuhan Merak menuju Bakauheni dan Pelabuhan Ciwandan pada Minggu, 7 April 2024, hari ini.

"Jumlah penumpang (Merak menuju Bakauheni) 116.569 orang, dengan total kendaraan sebanyak 19.503 unit. Jumlah penumpang (Ciwandan menuju Bakauheni) 34.111 orang, dengan total kendaraan sebanyak 17.243 unit," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya, Minggu, 7 April 2024.

Menurut Trunoyudo, ada 39 kapal dengan 112 perjalanan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Sementara itu, di Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni berjumlah 9 kapal dengan total 19 perjalanan.

Lebih lanjut, Trunoyudo pun mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi semua aturan agar perjalanan mudik menjadi aman dan lancar

"Polri siap melayani, mengamankan kepada seluruh pemudik sehingga Kamseltibcarlantas dapat terwujud dengan baik. Maka dari itu kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik lebaran 2024 agar memastikan kondisi fisik juga sehat," tuturnya.

Sebelumnya, Polri bakal mengevaluasi ihwal lalu lintas arus mudik menuju ke kawasan Pelabuhan Merak, Banten. Hal itu untuk mempercepat proses bongkar muat kendaraan pemudik ke kapal feri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut, pihaknya telah menemukan sumber permasalahan terkait adanya antrean panjang di kawasan tersebut. Adapun kepadatan kendaraan terjadi di kawasan itu sejak Jumat, 5 April 2024, malam. 

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bisa diselesaikan," ujar Sigit dalam keterangannya dikutip Minggu, 7 April 2024.

Dia berujar, arus mudik untuk penyeberangan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera itu terbatas. Sigit mengatakan, Pelabuhan Merak memiliki 10 titik penyeberangan dan Pelabuhan Bakauheni  memiliki tujuh titik penyeberangan."Sehingga sisanya terpaksa untuk menunggu," ungkap dia menjelaskan. sinpo

Komentar: